0895-1025-1025
Preferred WhatsApp

mau presentasi? pilih tv atau proyektor!!

Thursday, June 9th 2016. | Artikel

pada jaman yang modern ini, banyak sekali kantor kantor besar di jakarta yang mencoba mempresentasikan pekerjaannya secara besar besaran, maksudnya audien yang melihat presentasinya banyak, bukan hanya satu dua orang, nah beranjak dari hal tersebut, kita bisa memilihat manakah yang lebih pantas di gunakan sebagai alat presentasi, apakah lebih pantas menggunakan tv led layar besar, ataukah lebih pantas menggunakan proyektor.

pertama mari kita lihat kelebihan dan kekurangan pada tv  led, kelebihan tv led untuk presentasi adalah, tv memilliki gambar yang lebih tajam, sehingga warna warna yang di tampilkan detail, sesuai dengan apa yang ingin kita tampilkan ke audienc, apa lagi jika kita ingin menampilkan vidio dengan kualitas hight devinition, sudah pasti gambar yang di hasilkan sangat detail.

tapi jika kita lihat dari segi kelemahannya, tv memiliki sangat banyak kelemahan, kita bisa lihat, tv yang beredar di pasaran saat ini, paling besar 80″, sebetulnya saya juga baru tau, ternyata ada tv led 90″ tadinya saya fikir paling besar 60″, lah jadi gagal fokus ini tulisannya hehehe.

tv led paling besar 80″ tidak seperti proyektor yang layarnya bisa sebesar apa saja, tergantung dengan kapasitas proyektornya, terakhir saya coba, proyektor saya berkapasitas 2000 lumen, bisa menembakan gambar ke tembok rumah saya kurang lebih 4m X 3m, ya walaupun untuk presentasi tidak membutuhkan layar sebesar itu.

lalu bayangkan jika jika kita presentasi menggunakan tv led berlayar 80″, pasti tvnya mudah sekali rusak, terakhir tv led saya yang berukuran 42″ pecah hanya gara gara tersenggol decoder saja, pada dasarnya memang tv led itu sangat lemah, kita harus hati hati dalam menggunkan tv led, bayangkan yang 42″ saja sudah sangat sulit menjaga dan membawanya, apa lagi tv berukuran 80″.

di tambah lagi, tv sebesar itu sudah di pastikan pasti sangat sulit memindahkannya, jika presentasi ingin di lakukan di ruangan lain, bukan di ruangan miting, mau tidak mau kita harus memindahkan tv tersebut ke ruangan yang ingin kita gunakan untuk presentasi, pertanyaannya apa anda berani memindahkan tv sebesar itu dengan tangan anda sendiri?

sekarang kita lihat kelebihan dan kelemahan proyektor, menurut saya proyektor memiliki banyak kelebihan, pertama dari ukuran, proyektor memiliki ukuran yang mungil, hanya sekitar kurang lebih 1 jengkal 🙂 hampir sebesar laptop, dan layarnyapun bisa di gulung, jadi tidak repot.

kapanpun kita ingin memindahkan tempat presentasi, kita hanya tinggal memindahkan proyektornya dan menggulung layarnya, lalu memindahkannya ke tempat yang kita inginkan, tidak seperti tv yang pasti sangat memusingkan jika kita ingin memindahkannya.

selain itu proyektor juga bisa kita atur ukuran dan besar kecilnya, jika kita tidak ingin layar yang terlalu besar kita hanya tinggal menyeting di bagian zoom in dan zoom outnya, atau kita juga bisa mengatur besar kecilnya layar dengan mengatur jarak antara proyektor dan layarnya.

kelemahan proyektor adalah kita tidak bisa memakainya sepuas puasnya, karna proyektor memiliki masa dalam penggunaannya, maksudnya memiliki masa adalah, lampunya bisa padam, ketika lampu pada proyektor padam, maka mau tidak mau kita harus mengganti lampunya agar kita bisa menggunakan proyektornya lagi, nah maslahnya lapunya ini harganya sangat mahal, bahkan harganya bisa hampir sama dengan harga proyektor baru.

tapi untuk anda yang ingin tetap presentase walaupun tidak memiliki proyektor, anda bisa menggunakan layanan sewa proyektor, sudah banyak sekarang orang orang yang menyediakan layanan tersebut, tinggal buka google, dalam beberapa saat anda bisa langsung menemukan layanan sewa proyektor.

nah bagaimana? dengan mengetahui plus dan minus di atas kamu mau presentasi menggunakan apa? 🙂 semoga tulisan ini mebantu kamu dalam menentukan pilihan,  sampai jumpa di tulisan tulisan selanjutnya ya.

Komentar

  • tags: , ,

    Artikel lain mau presentasi? pilih tv atau proyektor!!